• 6285729051799
  • 02746499107

PENYAKIT BURUNG KENARI DAN CARA MENGOBATINYA

Penyakit Burung Kenari dan Cara Mengobatinya
  • 21 Juli 2019 |
  • arifin
  • 331

 

Sebagai Mahkluk hidup burung kenari juga rentan mengalami berbagai penyakit. Penyakit ini dari mulai ringan sampai penyakit yang bisa mengakibatkan kematian. Sebagai peternak burung kenari kita harus mengetahui penyakit tersebut serta cara menanganinya. Adapun beberapa jenis penyakit yang sering menyerang burng kenari diantaranya adalah:

  1. Penyakit pernafasan

Penyebab sakit pernafasan pada burung disebabkan oleh virus CRD dan bakteri. Virus ini dapat menyerang burung jantan maupun betina, bahkan apabila burung ini dibiarkan sakit begitu saja bisa menimbulkan kematian. Penyakit sesak yang menyerang burung bisa terjadi karena kontak langsung antar burung, seperti keturunan, tempat pakan dan minum, dan bisa juga karena kondisi kandang yang dipakai secara bergantian oleh burung lain.

Penyakit Pernafasan ini disertai gejala gejala diantara lain brung sering membuka paruh seperti terengah- engah serta keluarnya lendir atau ingus pada bagian hidung kenari. Gerakan juga tidak terlalu aktif seperti biasannya. Jika penyakit ini sudah dalam tarf parah jika anad pegang burung ini akan terasa ada suara seperti orang terengah engah ( nafas tidak teratur )

Cara pengatasan untuk penyakit ini adalah

  1. Segera isolasi burung yang terkena penyakit ini karena penyakit ini menular
  2. Beri pakan yang bersih lebih bagus lagi bila direbus. Tambahkan ekstra food seperti telur dan sayuran agar berat badan kenari tidak turun
  3. Bisa ditambahi dengan pengobatan dengan obat yang dijual dipasaran seperti Nafas 1 yang diteteteskan di tengkuk untuk penyakit pernpasan
  4. Burung di polier ( adalah kandang Umbaran yg panjangnya minimal 2 M ) agar burung bisa terbang sedikit leluasa

 

2. Diare (mencret)

Penyakit mencret ini disebabkan oleh 2 hal

  • Mencret yang disebabkan oleh kesalahan pemberian makanan sehingga burung mengalami keracunan. Ciri ciri dari keracunan makana adalah kotoran burung terlihat cair tetapi tidak mengurangi nafsu makan burung tersebut.
  • Mencret yang disebabkan oleh saluran pencernaan yang terinfeksi oleh bakteri. Tanda-tanda yang bisa Anda lihat adalah kotoran burung cair, berbau busuk, burung menjadi pasif dan kehilangan nafsu makan. Penyakit mencret yang disebabkan oleh bakteri ini bersifat menular.

Cara pengatasan:

  1. Segera isolasi burung di kandang terpisah
  2. Berikan Ekstra fooding agar tubuh kenari tidak turun secara drastis
  3. Berikan pengobatan obat serbuk mencret racikan dari ava bird farm 3x sehari secara rutin

3. Penyakit Berak Kapur (salmonellosis atau pullorum)

Penyakit berak kapur menginfeksi saluran pernafasan pada burung. Penyakit berak kapur tergolong penyakit yang menular. Penyakit ini disebabkan oleh virus dan bakteri pullorum. Penaykit ini dapat diketahui dari kotoran yang dikeluarkan biasanya kotoran akan berbentu cair dan memiliki warna putih, serta dibagian anus kotoran ini akan menempel.

Cara pengobatan penyakit berak kapur secara garis besar sama dengan cara pengobatan pada kenari yang terkena diare atau mencret.

4. Kutu Burung

Penayakit ini selintas terlihat tidak berbahaya dan tidak mengakibatkan kematian. Akan tetapi sebenarnya tingkat bahaya penyakit ini adalah di efek yang ditimbulkanknnya, Kenari akan sulit untuk birahi karena penyakit ini. Penyakit ini ditandai dengan perilaku burung yang terlihat gelisah, sering mematuk bulu-bulunya, bulu rontok dan kicauan Burung Kenari menjadi lemah.

Cara mengatasinya

  1. Segera isolasi burung yang terkena karena penyakit ini menular
  2. Mandikan burung dengan obat Anti Kutu yang dijual di pasaran
  3. Jika burung sudah membaik baru campurkan lagi kekandang dengan yang lainnya.

 

 

  1. Penyakit Bulbul

 

Penyakit ini menyerang dibagian telapak kaki burung, penyakit ini diesebabkan oleh kurang bersihnya tangkringan burung. Penyakit ini tergolong penyakit menular . jika anda menemukan kaki brung yang ada benjolan segera isolasi brung dan berikan obat salep 88 atau salep sriti yang dapat anda beli di pasar burung terdekat.

6. Penyakit Cacingan

Penyakit ini menyerang saluran pencernaan. Penyebab timbulnya cacingan pada burung adalag cacing pita, cacing tambang dan cacing hati. Gejala yang ditimbulkan adalah nafsu makan menurun, gairah burung berkurang, tubuh burung terlihat lemas, kotorannya cair, dan warna bulu kusam. Cara mengatasinya dengan menjaga kebersihan kandang, tempat pakan, tempat minum dan tempat tangkringannya.

7. Penyakit Snot

Penyakit snot disebabkan oleh virus Hemophillus gallinarum yang menyerang wajah burung. Akibat dari penyakit ini adalah terjadi pembengkakan disekitar wajah, seperti hidung, mata serta telinga. Penyakit ini berifat menular, penularan bisa terjadi melalui udara, debu, makanan, minuman dan keturunan. Gejala lain yang ditimbulkan adalah muka menjadi bengkak, hidung berair, bersin-bersin, dan nafsu makan berkurang.

Penyebab utama penyakit ini adalah kuarang bersihnya kandang.jika ada burung yang terkena segera isolasi karena penularan penyakit ini sangat lah cepat bisa menagkibatkan kematian satu kandang.

 

Artikel

Tips Transaksi Burung Online

ips Transaksi Burung Online Di masa teknologi seperti sek

Harga Kenari Yorkshire

arga Kenari Yorkshire 2019 Kenari Yorkshire adalah kenari

Kode Ring Kenari Import

Burung- burung kenari atau jenis burung lainnya (Blackt

Harga Kenari Yorkshire

enari Yorkshire atau kita mungkin lebih mengenalnya dengan i

Kenari Yorkshire 2019

enari Yorkshire nama diatas bagi para penghobi kenari pasti

Perawatan Kenari Mabung

Perawatan burung kenari sebenarnya tidak terlalu sulit.

Penyakit Burung Kenari dan Cara Mengobatinya

Sebagai Mahkluk hidup burung kenari juga rentan mengala

Alat Pemotong Ring Burung

lat Pemotong Ring Burung   Didalam dunia beternak bur

Importir Kenari Yorkshire

mportir Kenari Yorkshire Dengan semakin bertambahnya pen

Cara Menjodohkan Murai Batu

enjodohkan Murai batu Murai batu adalah burung yang memil